Saturday, May 19, 2012

makala myanmar


BAB I

TINJAUAN KONDISI ALAMIAH NEGARA MYANMAR

A.Identifikasi Negara Myanmar
Nama resmi : Pyidaungzu Myanma
Naingngandaw
Ibukota : Yangoon/Rangoon
Luas wilayah : ± 678.500 km²
Jumlah penduduk : ± 42.720.200 (2004)
Kepadatan : ± 63 jiwa/km²
Agama : Mayoritas Buddha (85%), selebihnya Islam, KristenHindu, dan Animisme
Suku bangsa : Birma (mayoritas), Karen, Shan, Rakhine, Cina, dan India
Mata uang : Kyat
Bahasa : Birma                   
Lagu kebangsaan : Gba Majay Bma
Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari kekuasaan Inggris)

B.Letak geografis dan Astronomis Negara Myanmar
             Secara astronomis, Myanmar terletak antara 11°LU – 28°LU dan 92°BT – 100°BT-negara ini di sebelah Barat berbatasan dengan Bangladesh, India, dan Teluk Benggala; di sebelah Timur berbatasan dengan Laos, Thailand, dan Cina; di sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Andaman, dan sebelah Utara berbatasan dengan Cina. Wilayah Myanmar masih didominasi oleh areal hutan. Hampir 52% wilayahnya masih berupa hutan yang banyak menghasilkan kayu. Di kawasan dataran rendah banyak digunakan sebagai lahan pertanian. Pada masa lalu, Myanmar merupakan negara penghasil beras utama di wilayah Asia Tenggara, namun saat ini seiring dengan kemajuan pertanian di berbagai negara, Myanmar menempati urutan keenam sebagai negara penghasil beras di Asia Tenggara.Penduduk Myanmar merupakan keturunan dari ras Mongol, selebihnya adalah keturunan dari India dan Pakistan. Hampir 75% dari mereka bekerja di sektor pertanian dan banyak yang tinggal di desa. Penduduk Myanmar yang tinggal di kota pada umumnya mendiami tiga kota utama, yaitu Yangoon, Pagan, dan Mandalay.
(PR Geografi,2002,intan pariwara,klaten Indonesia)
C.Kondisi Topografi dan Geomorfologis
a. Potensi Alam
          Myanmar memiliki bentang alam yang bervariatif dari dataran rendah sampai pegunungan. Banyaknya sungai-sungai besar dan gunung api menyebabkan kondisi tanahnya sangat subur. Hal tersebut sangat menunjang bagi kegiatan agraris seperti pertanian, perkebunan, dan kehutanan.
b . Potensi Perdagangan
           Komoditas perdagangan Myanmar meliputi kayu (terutama kayu jati), beras, pupuk, dan berbagai barang kerajinan.
c . Potensi Sosial Budaya
           Penduduk Myanmar berasal dari multietnis dengan berbagai ragam budaya dan bahasa daerahnya. Namun yang digunakan sebagai bahasa nasional adalah bahasa Myanmar. Mayoritas masyarakat Myanmar adalah penganut agama Buddha yang taat. Selain itu juga masih memegang teguh adat dan tradisi.
d . Potensi Pariwisata   
          Sektor pariwisata yang ditawarkan negeri ini berupa bangunan bersejarah, festival keagamaan, dan banyak kesenian tradisional.
e. Potensi Industri
           Myanmar kaya akan hasil-hasil alam, pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Oleh karena itu, industri yang berkembang merupakan industri pengolahan hasil alam. Berbagai jenis industri di Myanmar adalah industri pertambangan (timbal, seng, emas, perak, permata, minyak bumi, dan tungsten), industri pengolahan ikan, pemotongan kayu, semen, tekstil, dan berbagai barang kerajinan.



(PR Geografi,2002,intan pariwara,klaten Indonesia)

D.Iklim dan Cuaca
Karna letak lintangnya ,Myanmar beriklim tropis ,subtropis dan angin musim(karna di pengaruhi angin musim) musim di Myanmar terbagi atas tiga macam yaitu,musim hujan,terjadi pada bulan mei-oktober,yang mendapat pegaruh angin musim barat daya basah dan sejuk ,musim kemarau sejuk terjadi bulan November –bulan februari dan musim kemarau panas terjadi bulan maret-april dan suhu udara rata-rata 27 derajat celcius dan semakin ke utara semakin dingin.
Wilayah dataran rendah Mandalay merupakan daerah bayangan hujan karna hanya mendapat curah hujan rata-rata 700mm setiap tahun.
E.Flora dan Fauna
Tumbuhan yang tumbuh di daerah Myanmar merupakan hutan hujan tropis.hutan hujan tropis ini banyak membentang jauh sampai dengan lembah sungai Salween di plato shan,dan hutan yg lebih lebat pada umumnya terdapat di bagian yang lebih rendah,di pegunungan banyak terdapat hutan subtropis dan hutan iklim sedang yang di tumbuhi pohon-pohon pinus dan beragam tumbuhan paku,dan umumnya terdapat pada ketinggian di atas 1.000 m,sedangkan fauna yang hidup di Myanmar gajah,harimau,kerbau liar,ular dan rusa.


(PR Geografi,2002,intan pariwara,klaten ,Indonesia)







BAB II
PEMBAHASAN

A.Myanmar pada masa prasejarah
           Zaman prasejarah Myanmar atau Burma tidaklah berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Alat-alat khas Asia Tenggara yang muncul pertama kali pada kala pleistosen tengah, alatnya berupa lempengan batu yang diasah pada satu sisi yang sering disebut kapak, buktinya pernah ditemukan didataran tinggi Burma yang dikaitkan dengan periode zaman Es. Dilihat dari temuan diwilayah Burma, sejak zaman prasejarah telah dihuni manusia, jika dilihat dari wilayah lainya seperti Jawa yang menghasilkan alat yang seperti itu adalah Homo Wajakensis sehingga di Burma juga hidup species yang sama seperti di Jawa, maka kehidupan prasejarah di Burma tidaklah berbeda dengan di wilayah Asia Tenggara lainnya. System “Primus Interpares” sangatlah kuat dan kehidupan bercocok tanam (Neolitikum) berkembang pesat di kawasan sepanjang lembah sungai irawady dan sungai-sungai lainnya.
B.Myanmar pada masa proto sejarah
           Sekitar abad I sampai II masehi dimulailah perdagangan Laut antara India dan Cina. Perdagangan lewat Laut ini membutuhkan suatu tempat berlabuh karena keterbatasan alat Navigasi dan untuk mencari bahan logistik awak Kapal sekaligus melakukan kontak dagang dengan masyarakat ditempat berlabuh. Dilihat dari letak geografis Myanmar yang terletak dijalur pelayaran tersebut membuat terjadinya kontak antara masyarakat Myanmar dengan para pedagang terutama yang berasal dari India. Kontak dengan pedagang India ini membuat terjadinya kontak budaya. Kontak ini terutama terjadi diwilayah pantai Myanmar. Para pedagang mendirikan Kerajaan-kerajaan kecil dan menyebabkan masuknya peradaban India di Myanmar sekaligus membuat bangsa Myanmar memasuki zaman sejarah karena mulai di kenalnya tulisan yang mereka pelajari dari bahasa india termadsuk mulai berkembangnya ajaran agama budha di Myanmar .(http://ocy_cakep.blogspot.com.2011/archiv_asia tenggara
C.Dinamika sejarah pada zaman kuno atau zaman hindu budha
           zaman kebangsaan atau babak perebutan kekuasaan tunggal sesudah masuknya pengaruh inda di Myanmar pada tahun 1044 berdirilah kerajaan pangan yang cukup terkenal dan menguasai seluruh wilayah Myanmar .kerajaan pangan di dirikan oleh Anawratha.corak dasar  kerajaan pangan adalah hinduisme atau juga hindic. 2,5 abad. Kerajaan Pagan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kerajaan di Srilangka yang menyebabkan kuatnya pengaruh Budha Hinayana di Myanmar .                                                              
            pada tahun 1287 masuknya bangsa Shan (sebangsa dengan Siam) yang menghancurkan sisa-sisa kerajaan Pagan. Hal ini menyebabkan Myanmar kembali terpecah menjadi beberapa kerajaan meliputi Pegu, Toungoo, Ava, Arakan (Chittagong) Hancurnya kerajaan Pagan yang membuat terpecahnya kembali Myanmar tidak terjadi dalam waktu lama karena Myanmar kembali dipersatukan oleh kerajaan Toungoo dibawah pimpinan raja Tabin Shwehti (1531-1550), dia adalah orang pertama yang mendapat gelar Raja Burma (1546), Penggantinya adalah Baying Naung (1551-1581) ia berhasil melakukan perluasan kekuasaann sampai ke Siam (1563). Kerajaan Tounggo terus mengalami kemunduran dan akhirnya Kerajaan toungoo berakhir pada tahun 1600.

D.Dinamika Sejarah pada zaman Madya atau masuknya pengaruh islam
           islam sampa ke Burma melalui beberapa jalan ,para pedangan arab menetap di garis pantai negeri Myanmar selama abad 1 tahun hijriah(abad ke VII masehi) pada awalnya mereka menempati kawasan disekitar pantai Arakan dan kemudian keselatan ,dan kemudian para pedangan india dan melayu telah efektip dalam penyebaran islam ,akhirnya para pengungsi dari yunan pada abad XIX menetap di bagian utara Myanmar ,menurut para sejarawan para pelaut muslim telah datang ke Burma pada abad ke 9 atau 860m ,para pengelana dari china menemukan daerah koloni Persia di perbatasan Yunnan ,seorang pelancong Persia ibnu khordabhe pelancong dari arab sulaiman dan ibnu al-faqih dalam tulisannya mereka telah menyebut tentang daerah Burma selatan  dan mereka juga mencerikan bahwa orang –orang dimasa pemerintahan raja Anawharta mereka bekerja sebagai penunggang kuda di didik oleh seorang guru muslim berkebangsaan arab dan mengangkat anak sang guru yaitu yaman khan sebagai gubernur kota ussa yang sekarang bernama pegu.
           Perdagangan kaum muslim di asia tenggara mencapai puncaknya hingga abad ke tujuh belas,akibatnya kota-kota di pesisir Burma masuk kedalam jaringan dagang kaum muslm yang lebih luas ,bahkan ketika dominasi kaum muslim di bidang perdagangan mulai surut sebelum hancur karna akbat perubahan konstelasi politik,yang munculnya dar bangsa eropa kaum muslimin tetap memainkan peran penting di kawasan ini mereka juga aktip dalam pembuatan dan perawatan kapal .
           Pada masa raja pagan-min , Burma manjadikan kaum muslimin sebagai arteri dan pasukan penembak ,dan juga menjadikan seorang gubernur yang memperoleh wewenang yang luas.dan mereka juga kelompok yang menentang kedatangan kolonial  inggris di Burma bahkan tidak hanya sekadar menolak secara politik dan diplomasi melainkan juga dengan kekuatan militer
E.Dinamika Myanmar di bawah pengaruh barat
           Myanmar merupakan salah satu anggota ASEAN yang dulunya dikenal dengan sebutan Burma. Seperti halnya dengan negara lain, Myanmar juga memiliki latar belakang historis yang menjadi cikal bakal pembentukan identitas negara Myanmar itu sendiri. Myanmar merupakan bekas jajahan Inggris di mana Inggris merupakan negara yang mengawali hadirnya demokrasi. Namun substansi demokrasi tidak bertumbuh dengan semestinya di negara bekas jajahannya. Demokrasi terjadi pada abad 18-19 yang dianggap sebagai masa kebangkitan demokrasi, demokrasi berawal dari kerajaan Inggris dengan pergerakan sosialnya berlangsung cepat, karena Inggris sebagai negara yang maju dari segi jurnalisme. Kolonialisasi yang dilakukan Inggris seharusnya secara tidak langsung memberikan dampak bagi wilayah jajahannya dalam hal transformasi nilai-nilai demokrasi.akan tetapi meskipun Myanmar adalah jajahan inggris belum tentu nilai-nilai demokrasi inggris di anut masyarakat Myanmar ,hal ini terbukti dengan rezim otoriter yang masih berkuasa di Myanmar dan membatasi peran aktor politik lain. Dalam hal ini sipil yang akan mewujudkan demokrasi di Myanmar, khususnya Aung San Suu Kyi ( Suu Kyi ) yang pernah menerima penghargaan nobel Perdamaian bahkan memenangi pemilu tetapi tidak diakui kemenangan yang diraih, padahal Myanmar merupakan tanah kelahirananya. Selama periode penjajahan inggris, kontrol politik terhadap Myanmar dilakukan melalui India. Myanmar diperintah sebagai provinsi India sampai tahun 1937. Setelah tahun 1937, Myanmar menjadi koloni yang diperintah secara terpisah dari India. Kemerdekaan dari Inggris diperoleh Myanmar pada tahun 1948. Selama masa penjajahan Inggris tidak terjadi pembentukan identitas tunggal pada penduduk Myanmar. Hal tersebut disebabkan wilayah Myanmar dibagi menjadi dua bagian yaitu kawasan dataran rendah dan dataran tinggi. Terhadap masing-masing kawasan diterapkan sistem pemerintahan yang berbeda. Di kawasan dataran rendah, administrasi pemerintahan dikontrol langsung oleh Inggris sedangkan di kawasan dataran tinggi administrasi dilakukan oleh pemerintah setempat melalui perjanjian dan traktat antara Inggris dan penduduk setempat. Oleh karena itu, kawasan dataran tinggi relatif memiliki otonomi dan Inggris juga tidak membangun perekonomian dan administrasi pemerintahan Myanmar dengan baik sehingga pada saat Myanmar merdeka tidak ada bekal bagi pemerintah baru untuk menjadi pemerintah yang kuat dan bersatu namun setela Myanmar merdeka banyak etnis minoritas yang membentuk angkatan bersenjata dan melakukan pemberontakan.     

F.Gerakan Nasionalisme dan National Buiding
           pada tahun 1948, tepatnya tanggal 4 Januari Myanmar, berhasil meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebenarnya di awal abad 19 beberapa bentuk perlawanan dari masyarakat Myanmar terhadap Inggris telah ditunjukkan. Myanmar setelah jatuh ke tangan inggris mengalami beberapa kali perang dan kemudian diperkuat dengan pergolakan dunia hubungan internasional yang berimplikasi terhadap stabilitas politik di Myanmar. Kemenangan Jepang dalam perang Jepang-Rusia 1905. Hal ini tentunya berkenaan dengan adanya persepsi bahwa kekuatan negara Asia telah bangkit dan kini mulai diperhitungkan. Dengan adanya kemengan Jepang dari Rusia tentunya memberikan isyarat kepada negara-negara besar bahwa power negara-negara Asia tidak boleh diremehkan lagi. Dan di lain hal, fenomena ini tentu saja diasumsikan oleh Myanmar sebagai sebuah kebangkitan negara Asia secara kolektif untuk membendung pengaruh negara barat. Adanya perdamaian Versailles yang memperjuangkan hak-hak menentukan nasib sendiri bagi bangsa-bangsa yang belum merdeka. Perjanjian versailles merupakan salah satu hasil dari berakhirnya perang dunia I. Perjanjian Versailles menjunjung tinggi hak-hak menetukan nasib sendiri bagi setiap negara. Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi Myanmar yang ketika itu berada di bawah kekuasaan Inggris. Hal ini juga dijadikan landasan bagi Myanmar untuk memperjuangkan haknya dalam melepaskan diri dari penjajah
           Selain itu dari internal sendiri, pada tahun 1919 muncul gerakan melawan Inggris dengan membentuk The General Council of Burmese Association (GCBA) menjalankan politik non cooperative dengan Inggris. Dari sini berkobarlah semangat nasionalisme Myanmar anti Inggris. Gerakan-gerakan nasionalisme Myanmar lainnya adalah Myochit (Partai Nasionalis), Sinyetha (Partai Rakyat Miskin) dan Do Bama Asiayone (Kita Bangsa Myanmar) atau partai Thakin yang menuntut kemerdekaan bagi bangsa Myanmar. Setelah kekuatan dalam tubuh Myanmar dipersatukan dan adanya dukungan dari Inggris beserta sekutu lainnya, penyerangan terhadap tentara    Jepang pun dilakukan. Penyerangan tersebut berakhir dengan kekalahan Jepang. Pada tanggal 15 Juni 1945, angkatan bersenjata Myanmar bersama-sama dengan satuan-satuan yang mewakili kerajaan Inggris dan pasukan sekutu mengadakan pawai kemenangan di Yangoon. Kemenangan Myanmar dari Jepang tidak serta merta membuat Myanmar menjadi negara merdeka. Akan tetapi, Inggris mengambil alih. Dalam perkembangannya, pemerintah Inggris telah menjelaskan politiknya mengenai masa depan Myanmar dalam Buku Putih. Bagaimanapun pelaksanaannya, selama tiga tahun akan diperintah oleh gubernur secara langsung, dan pada saatnya kemudian pemilihan dan pembentukan kembali Dewan serta pembuat Undang-undang Myanmar tahun 1935. Hal ini menjadi titik terang bagi Myanmar karena hal tersebut menjadi sinyal akan kemerdekaan Myanmar. Hal ini dilakukan pemerintah Inggris karena melihat AFPFL telah berpengaruh besar di tengah rakyat, akhirnya Inggris sepakat untuk menyerahkan kemerdekaan kepada Myanmar.














. BAB III
KONDISI MUTAKHIR NEGARA

A.Kondisi Demografis Negara Myanmar
           Keadaan penduduk Myanmar pada tahun 2001 sekitar 52.531.000 jiwa dengan kepadatan 67jiwa/km.penduduk Myanmar dari beberapa kelompok etnis .kelompok terbesar adalah etnis Burma turunan Tibet –burma sebagai pewaris bangsa-bangsa pyus dan mon yang menempati wilayah di sektar sunga irawadi .dan penduduk Myanmar adalah bekerja sector pertanian  meliputi pertanian sawah,tegalan ,perkebunan,ladang dan lain-lain
B.Agama dan kepercayaan
           Burma (juga dikenal sebagai Myanmar) adalah dominan dari tradisi Theravada, dipraktekkan oleh 89% dari populasi negara ini adalah negara Buddhis yang paling religius dalam hal proporsi biarawan dalam populasi dan proporsi pendapatan yang dihabiskan untuk agama. Penganut yang paling mungkin ditemukan di antara etnis Bamar dominan (atau Burma), Shan, Rakhine (Arakan), Senin, Karen, dan Cina yang terintegrasi dengan baik ke masyarakat Burma. Para bhikkhu, yang dikenal sebagai Sangha, adalah anggota dihormati dari masyarakat Burma. Di antara banyak kelompok etnis di Myanmar, termasuk Bamar dan Shan, Theravada Buddhisme dipraktekkan dalam hubungannya dengan ibadah nat, yang melibatkan placation roh yang dapat bersyafaat dalam urusan duniawi. Berkenaan dengan "keselamatan" dalam arti Buddha, ada tiga jalur utama di Burma Buddhisme: jasa pembuatan, vipassana (wawasan meditasi), dan jalan weizza (bentuk esoterik agama Buddha yang melibatkan okultisme).(
C.Bentuk Negara dan Pemerintahan
           Myanmar sebagai Negara bagian asia tengara yang berbentuk Republik Persatuan Myanmar (juga dikenal sebagai Birma, disebut "Burma" di dunia Barat) adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Negara seluas 680 ribu km² ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Negara ini adalah negara berkembang dan memiliki populasi lebih dari 50 juta jiwa. Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di Yangon sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Naypyidaw pada tanggal 7 november 2005.Pada 1988, terjadi gelombang demonstrasi besar menentang pemerintahan junta militer. Gelombang demonstrasi ini berakhir dengan tindak kekerasan yang dilakukan tentara terhadap para demonstran.
          Pada pemilu 1990 partai pro-demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi memenangi 82 persen suara namun hasil pemilu ini tidak diakui rezim militer yang berkuasa.Perubahan nama dari Birma menjadi Myanmar dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989. Junta militer mengubah nama Birma menjadi Myanmar agar etnis non-Birma merasa menjadi bagian dari negara. Walaupun begitu, perubahan nama ini tidak sepenuhnya diadopsi oleh dunia nternasional .beberapa negara eropa seperti inggris dan irlandia yang tidak mengakui legitimasi. kekuasaan junta militer tetap menggunakan Burma untuk merujuk kepada Negara tersebut  namun PBB yang mengakui hak Negara untuk menentukan nama negaranya mengunakan Myanmar begitu pula dengan prancis dan jerman .dan pemerintah junta mengubah nama menjadi yangon pada tanggal 7 november 2005 dan beribukota di Naypyidaw.
D.Sistem Hukum dan Peradilan
          Sistem hukum Burma terutama menggunakan hukum umum dan  hukum  tradisional.pada 1885 Inggris menyatakan Burma sebagai koloni mereka dan melaksanakan hak hukum umum. Mulai saat ini, negara kita sedang berolahraga sebagai hukum undang-undang. Juga Myanmar, tradisi mereka dipraktekkan sebagai Hukum Myanmar Tradisional. Kemudian dua jenis praktek hukum sebagai hukum positif dengan menulis, revisi, menyelesaikan dan berkembang pada saat ini. Selain itu, pemerintah SPDC membuat UU banyak dan hukum bahwa mereka bertujuan untuk membatasi orang. Setelah itu, pemerintah SPDC mengatakan "Myanmar adalah Bangsa kedaulatan independen dan kekuasaan Kedaulatan Uni berasal dari warga negara dan menegakkan di seluruh negeri" tapi mereka mengendalikan kekuasaan dan membatasi citizens.Generally, sistem hukum harus memisahkan, periksa dan menyeimbangkan tiga jenis kekuasaan seperti legislatif, kekuasaan eksekutif, dan yudikatif. Pada bagian Konstitusi 2008 Birma 11 (a), tiga cabang kekuasaan kedaulatan yaitu kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif dan kekuasaan yudikatif terpisah, sejauh mungkin, dan melakukan kontrol timbal balik, memeriksa dan menyeimbangkan.
           Di Burma, pengadilan dibentuk seperti mahkamah agung Perhimpunan bahwa U TunTunOo adalah keadilan kepala Union, pengadilan Tinggi Daerah, pengadilan Tinggi Negara (memiliki keadilan petugas adalah dua sampai enam orang) Pengadilan Diri - Divisi Diperintah, Pengadilan Zona Diri Administered, Pengadilan Distrik, Township Pengadilan dan lainnya dibentuk oleh hukum, Majelis Pengadilan Militer dan Konstitusi Perhimpunan (U TheinSoe adalah ketua pengadilan itu) Pada tahun 2008 bagian konstitusi (19) ( a), (b) dan (c), "untuk menegakkan keadilan secara independen menurut hukum, untuk menegakkan keadilan di pengadilan terbuka kecuali dinyatakan dilarang oleh hukum dan untuk menjamin dalam semua kasus hak pembelaan dan hak-hak banding menurut hukum.
(
E.Sistem ekomoni Negara Myanmar
Ekonomi Burma berbasis pertanian dan fungsi terutama pada kas dan sistem barter. Industri utamanya dikontrol oleh militer yang dikelola perusahaan-perusahaan negara. Setiap aspek kehidupan ekonomi diserap oleh pasar gelap, di mana reaksi harga meroket  terhadap control harga resmi sejak tahun1989, SPDC kebijakan ekonomi pasar terbuka telah membawa banjir investasi asing di minyak dan gas (oleh perusahaan-perusahaan Barat), dan dalam kehutanan, pariwisata, dan pertambangan (oleh perusahaan-perusahaan Asia). Ledakan yang dihasilkan dalam perdagangan dengan Cina telah merubah Burma kurang berkembang menjadi pusat bisnis yang berkembang pesat. Sebuah program pemberantasan narkotika telah dimulai di perbatasan timur laut negara bagian, yang menyumbang sekitar 60% dari heroin dunia, dengan mendorong petani untuk menanam tanaman pangan bukan poppies. Beberapa rencana ada untuk sektor manufaktur, dan keterhantungan pada impor Myanmar , negara bersumber haria tinggi, menderita control ketat dari pemerintah kebijakan ekomoni yang tidak efisien, dan kemiskinan rural. Junta (aktivis Myanmar) mengambil langkah-langkah pada awal 1990an untuk membebaskan ekonomi setelah berdekadedekade mengalami kegagalan di bawah “Burmese Way to Socialism,” tapi usaha tersebut tertahan, dan beberapa tindakan liberalisasi ditunda. Myanmar tidak memiliki stabilitas moneter ataupun fiscal, Akibatnya ketidakseimbangan kondisi makroekonomi termasuk inflasi, nilai tukar resmi berfluktuasi tidak sesuai dengan nilai kyat Myanmar, dan suku bunga rezim yang tidak jelas. Sebagian besar bantuan pembangunan tertahan setelah Junta mulai menekan pergerakan demokrasi di 1988 dan menolak menerima hasil pemilihan legilatif tahun 1990. Sebagai respon terhadap penyerangan Myanmar di Mei 2003 terhadap Aung San Suu Kyi dan pendukungnya, AS memaksakan sanksi ekonomi baru terhadap Myanmar termasuk larangan impor produk Myanmar dan larangan memberiakn pelayanan financial oleh personel AS. Iklim investasi yang buruk juga memperlambat arus nilai tukar asing. Sector yang paling produktif hanya di industri ekstaktif, khususnya minyak dan gas, penambangan dan kayu mentahArea lain, seperti pabrik dan lain-lain.
F.Bahasa ,Budaya atau Kesenian  dan Pariwisata
Bahasa yang digunakan oleh penduduk mynmar adalah Birma, Penduduk Myanmar berasal dari multietnis dengan berbagai ragam budaya dan bahasa daerahnya. Namun yang digunakan sebagai bahasa nasional adalah bahasa Myanmar. Mayoritas masyarakat Myanmar adalah penganut agama Buddha yang taat. Selain itu juga masih memegang teguh adat dan tradisi.

G.Pendidikan dan Olaraga
a.pendidikan
Sistem pendidikan Burma dioperasikan oleh instansi pemerintah, Departemen Pendidikan. Universitas dan lembaga profesional dari Burma atas dan Birma lebih rendah dijalankan oleh dua entitas yang terpisah, Departemen Pendidikan Tinggi Burma dan Departemen Pendidikan Tinggi Burma Bawah. Markas yang berbasis di Yangon dan Mandalay masing-masing. Sistem pendidikan didasarkan pada sistem Britania Raya, karena hampir satu abad kehadiran Inggris dan Kristen di Burma. Hampir semua sekolah yang dioperasikan pemerintah, tetapi telah terjadi peningkatan baru-baru didanai swasta sekolah bahasa Inggris. Sekolah adalah wajib sampai akhir sekolah dasar, mungkin sekitar 9 tahun, sedangkan usia wajib belajar adalah 15 atau 16 di tingkat internasional.di Myanmar juga terdapat 101 universitas,12 institut,    9perguruan tinggi sederajat,dan 24 perguruan tinggi negri dan 146 institut pendidikan tinggi.
b.olahraga                                 
Dalam rangka mempromosikan olahraga bangsa standar, sedangkan Kementerian Olahraga sedang melaksanakan kegiatan olahraga dengan momentum penuh, juga kepanduan dan memelihara atlet muda neration baru dari berbagai bagian negara itu dan membimbing agar seleksi pelatihan, sistematis dan mencapai sukses sistematis. Departemen Olahraga juga melaksanakan tugas meningkatkan dan mengembangkan standar olahraga di seluruh negeri sebagai penyebab nasional, untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan oleh negara yang "Myanmar Olahraga Dunia untuk Conquer".

Tiga konsep pada olaraga Departemen olahraga adalah:
1.      promosi dalam jumlah olaraga untuk pertahanan Negara
2.      sukses dalam olaraga mencerminkan tingkat dan status pembangunan bangsa
3.      prestasi dalam olaraga menunjukan prestasi nasional dan status
tiga kebijakan pada olahraga Departemen Myanmar yaitu :
1.      myanmar olahraga yang dunia untuk menaklukan
2.      seluruh bangsa dan warga secara keseluruan untuk mengambil bagian antusias dalam olahraga missal,kegiatan untuk pengembangan kesehatan dan kebugaran seluruh bangsa(mass olahraga)
3.      para atlet yang luar biasa brilian untuk memelihara dalam rangka untuk
4.      mempromosikan prestasi nasional antara bangsa-bangsa melalui olahraga
sepuluh tujuan dari Departemen olahraga yaitu :
1.      untuk mengintegrasikan olahraga dan pendidikan akademik untuk memperkuat dasar –dasar olahraga dan mendirikan sekolah terpadu .
2.      untuk memilih atlet  yang benar dan efektif
3.      untuk melatih atlet dengan tehnik maju dan maju
4.      untuk menyediakan peralatan olahraga sepenuhnya 
5.      mengembangkan potensi atlet                                                                                13
6.      untuk menjaga stadion dan gymnasium efektif dan untuk membangun stadion baru
7.      untuk membuat lebih pusat pelatihan olahraga
8.      untuk memperluas penelitian olahraga bekerja lebih luas dan lebih efektip
9.      untuk mengatur kompetensi local olahraga
10.  untuk mengatur perusahaan swasta ,organsasi untuk menghibur semangat yang baik

  1. Komite Olimpiade Myanmar
Myanmar Komite Olimpiade telah berdiri sejak 26 November 1946. Dan secara resmi berafiliasi dengan Komite Olimpiade Internasional on 9th Juli, 1947. Pada tanggal 19 April 1993, menurut Hukum Negara dan Hukum Orde Restorasi Dewan No (6/93) Myanmar Olimpiade Nasional Dewan Act telah diberlakukan dan menurut pasal (5), Myanmar Komite Olimpiade dibentuk kembali. Menurut Myanmar Olimpiade Nasional Dewan pemberitahuan No (1/04), tanggal 2 November 2004, Myanmar Komite Olimpiade kembali didirikan kembali sebagai berikut: -

1.
Menteri
Departemen Olahraga
- Presiden
2.
Walikota
Kota Yangon Komite Pembangunan
- Wakil Presiden
3.
Deputi Menteri
Departemen Pendidikan
- Anggota
4.
Deputi Menteri
Departemen Kesehatan
- Anggota
5.
Deputi Menteri
Departemen Penerangan
- Anggota
6.
Deputi Menteri
Departemen Hotel dan Pariwisata
-Anggota
7.
Wakil Ajudan Jenderal
Ajudan Jenderal Kantor
Departemen Pertahanan
- Anggota
8.
Wakil Direktur Jenderal Kepolisian myanmar
- Anggota
9.
Direktur Pelayanan Medis
Direktorat Pelayanan Medis
Departemen Pertahanan
- Anggota
10.
Profesor Dr.Than Toe
Sekretaris
Myanmar Yatching Federasi
- Anggota

  1. Olahraga dan Komite Pendidikan Jasmani
Myanmar Olahraga dan Komite Pendidikan Jasmani didirikan sejak 27 Mei 1964. Dan didirikan kembali pada 2 Januari 1997 sesuai dengan Myanmar Olimpiade Nasional Dewan Pemberitahuan No (2/97) sebagai berikut: -
1.
Menteri
Departemen Olahraga
- Ketua
2.
Deputi Ajutant Umum
Ajudan Jenderal kantor
Departemen Pertahanan
- Anggota
3.
Direktur Jenderal
Myanmar Kepolisian
- Anggota
4.
Direktur Jenderal
Pendidikan Tinggi Departemen
- Anggota
5.
Direktur Jenderal
Pendidikan Dasar Departemen
- Anggota
6.
Direktur Jenderal
Departemen Kesehatan
- Anggota
7.
Presiden (36)
Myanmar Olahraga Nasional Federasi
- Anggota
8.
Wakil Direktur Jenderal
Departemen Olahraga dan Pendidikan Jasmani
- Sekretaris Jenderal
9.
Direktur
Persaingan dan Divisi Pelatihan
Departemen Olahraga dan Pendidikan Jasmani
- Bersama Sekretaris Jenderal

H.Militer dan Pertahanan
Militer Tentara Myanmar diucapkan adalah komponen tanah Militer Myanmar. Tentara Myanmar adalah cabang terbesar dari Angkatan Bersenjata Myanmar dan memiliki tanggung jawab utama melakukan darat operasi militer. Tentara Myanmar mempertahankan kekuatan aktif terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Angkatan darat Vietnam.Tentara Myanmar memiliki kekuatan pasukan sekitar 492.000. Militer memiliki pengalaman tempur yang luas dalam memerangi gerilyawan di medan kasar, mengingat telah melakukan non-stop operasi kontra-pemberontakan melawan pemberontak etnik dan politik sejak didirikan pada tahun 1948.
Pasukan ini dipimpin oleh Panglima (TNI), Jenderal Soe Win saat Letnan dengan Jenderal Min Aung Hlaing sebagai Panglima. Pangkat tertinggi di Angkatan Darat Myanmar adalah Senior Umum, setara dengan posisi Field Marshal di semesta alam
barat dan diselenggarakan oleh jendral senior than shwe pada tahun 2011, setelah transisi dari pemerintah junta militer untuk pemerintahan parlementer sipil, Tentara Myanmar berlaku draf militer bagi semua warga negara, semua laki-laki dari usia 18 sampai 35 dan semua usia wanita antara 18 dan 27 tahun dapat direkrut menjadi wajib militer selama dua tahun sebagai pribadi terdaftar pada saat keadaan darurat nasional. Usia bagi para profesional yang sampai 45 untuk pria dan 35 untuk perempuan selama tiga tahun sebagai layanan perwira bintara dan non.
Sebuah publikasi resmi telah mengungkapkan bahwa hampir seperempat dari anggaran nasional yang baru Myanmar akan dialokasikan untuk pertahanan. Pemerintah
.
I.Serba Serbi Negara myanamar
1.      hari –hari besar Myanmar
4 januari (jumat)hari kemerdekaan
8 januari (selasa)hari tahun baru kayin
12 februari uni Myanmar hari
27 maret hari angkatan bersenjata
14-18 april mahar thingyan air fertival
17 april hari tahun baru
30 april fullmoon hari kason
1 mei may day
19 juli hari martir
26 oktober fullmoon hari thadinkyut
4 desember nari nasional
2.      lagu kebangsaan Myanmar
adalah lagu kebangsaan resmi di Myanmar pembukaan lagu kebangsaan dalam gaya tradisional Myanmar sebelum transisi kesebuah orchestra bergaya barat.melodi dan lirik  di tulis oleh saya tin dan diadopsi sebagai lagu kebangsaan Myanmar.
3.      Bendera dan Lambang
Bendera Kebangsaan: bendera berwarna merah, di ujung atas sebelah kiri sebuah segi empat panjang kecil yang berwarna biru hitam, di dalamnya dilukiskan gambar yang berwarna putih?14 bintang bersegi lima mengitari sebuah roda gigi dengan 14 gigi, di tengah roda gigi terdapat sebatang padi. Warna merah melambangkan keberanian dan ketegasan, biru tua melambangkan perdamaian dan kesatuan, warna putih melambangkan kemurnian dan kebajikan. 14 bintang bersegi lima mewakili 14 provinsi atau negeri bagian Uni Myanmar, roda gigi dan padi melambangkan industri dan pertanian.
Lambang Negara: titik pusat sebagai sebuah roda gigi dengan 14 gigi dilingkari oleh padi, di atasnya dilukiskan peta Myanmar. Di dua sebelah padi masing-masing terdapat seekor singa, singa dijunjung sebagai hewan kenegaraan, disebut sebagai singa suci yang merupakan pertanda kemujuran.                                                                                       
sebelahnya dan di sekitar padi dihiasi bunga-bunga Myanmar, pita hiasan di sisi bawah dituliskan " Uni Myanmar " dalam bahasa Myanmar           
4.      Warna-warna nasional
Merah ,kuning dan hijau

5.      Pakaian Nasional
 
http://nanhommaoaye.files.wordpress.com/2010/03/cropped-111.jpg
http://nanhommaoaye.files.wordpress.com/2010/03/largeyelaynaytoehr41.jpg?w=500Myanmar "longyi," pakaian Nether seperti sarung merupakan bagian integral dari pakaian nasional Myanmar dikenakan oleh laki-laki maupun perempuan. Hal ini pada dasarnya sepotong kain ditaburkan ke dalam tabung silinder, tergelincir di atas kepala oleh pria dan melangkah ke dalam oleh perempuan dan terselip di bagian pinggang. Pria dan wanita namun kencangkan longyis mereka di pinggang dengan cara yang berbeda. Pria melipat pakaian menjadi dua panel dan simpul rapi di tingkat pinggang. Pada masa lalu simpul diikat rapi dan memakai penutup segitiga. Untuk wanita itu adalah rok melingkar terselip di di sisi pinggang. Mungkin dibungkus dari kanan ke kiri, yang lebih umum, atau dari kiri ke kanan, tergantung pada kenyamanan pemakainya. Istilah "longyi" mengacu pada garmen Nether secara umum untuk pria dan wanita. Tapi rok wanita memiliki strip hitam polos kapas sekitar 5 inci lebar dijahit dan melekat pada bagian atas rok melingkar. Hal ini dikenal sebagai "Ahtet hsin". Ini membantu untuk menjaga longyi yang tetap di tempatnya terutama jika itu adalah dari sutra atau satin. Ini mencegah penyesuaian sering dan terus rok rapi dan rata. Untuk lebih membedakan antara laki-laki dan pakaian perempuan, pakaian untuk  laki-laki dikenal sebagai “pasoe”dan bagi perempuan “htamein”
6.      Makanan nasional
  • Mohinga (diucapkan mo-HIN-ga) adalah sepiring nasi bihun dengan saus ikan (berwarna oranye) dan biasanya disertai dengan ketumbar dan dengan bubuk cabai (Burma eat cabe). Rasanya dapat berkisar dari manis pedas, dan biasanya dimakan saat sarapan. Hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai hidangan nasional Myanmar, dan tersedia secara luas di seluruh negeri, meskipun dalam gaya yang sedikit berbeda di berbagai daerah.

7.Kesenian nasional
ALAT MUSIK TRADISIONAL MYANMAR

instrumen musik yang ada meliputi
instrumen dari kuningan "se" (berbentuk segitiga),
"hne" (semacam oboe) dan "wa" terbuat dari bambu,
serta "saung" yang terkenal merupakan harpa berbentuk perahu.

Instrumen tradisional diklasifikasikan ke dalam enam kelompok:
* Instrumen terbuat dari logam non mulia seperti kuningan atau tembaga: kyei
* Alat yang terbuat dari kulit, atau kulit imitasi: Thay-ye
* String instrumen: kyo
* Angin instrumen: lei
* Clapper instrumen: let-ko
* Xylophone instrumen: Patala








BAB IV
KESIMPULAN

Dari uraian pembahasan tentang Myanmar. dapat diambil beberapa kesimpulan seperti, Myanmar atau Burma merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yang dalam hal tertentu memiliki kesamaan dengan negara-negara lain yang ada di kwasan Asia Tenggara. Dalam berbagai media sering dikatan bahwa Burma merupakan India di Asia Tenggara dan merupakan jajahan Inggris yang paling terbelakang.
Setiap negara tak terkecuali Myanmar pasti mempunyai perjalanan sejarah yang panjang. Perjalanan sejarah Myanmar merupakan suatu perjalanan sejarah yang penuh dengan intrik-intrik politik kepentingan yang dijalankan pihak militerisme yang hanya mementingkan kepentingan golongan sendiri. Dalam perkembangannya setelah kemerdekaan kebijakan-kebijakan pemimpin Myanmar pada masa militer masih berkuasa banyak menciptakan suasana interen yang sangat buruk. Tertutupnya Myanmar terhadap dunia luar pada awalnya mnjadikan Myanmar sebagai negara yang terbelakang. Akan tetapi seiring berjalannya perkembangan dunia yang mau tidak mau setiap bangsa dan negara akan terkena imbasnya tidak terkecuali Myanmar, kondisi ini ditandai dengan keikutsertaan negara Myanmar dalam berbagai organisasi Internasional seperti masuknya Myanmar kedalam anggota ASEAN pada 23 juli 1997 dan menjadi anggota yang ke-9. Tapi dalam berbagai organisasi diluar kawasan Asia Tenggara Myanmar sangat aktif seperti menjadi ikut dalam Konferensi Asia Afrika (KAA), Negara Non-Blok dan pada organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan UNO (United Nations Organitation), dan perwakilan dari Myanmar pernah menjadi sekretaris jendral PBB yaitu U That pada periode 1961-1971. Namun dalam perkembangan dasa warsa terakhir ini Myanmar semakin membuka diri terhadap negara-negara Asia Tenggara, banyak kerjasama baik hubungan Bilateral maupun multirateral.






DAFTAR PUSTAKA

http://en.wikipedia.org/wiki/flag_of_burma
pr geografi,2002,intan pariwara.klaten Indonesia
parsono,2011,ips terpadu geografi,cv seti aji,cimani sukoharjo
saifullah,2010,sejarah dan kebudayaan islam di asia tenggara,pustaka pelajar, indonesi
                                                                                               









DAFTAR ISTILAH
  1. Buddha
agama yang diajarkan oleh si dharta Gautama
  1. astronomi
ilmu perbintangan
  1. kala pletosen
waktu dimana mahkluk hidup sekarang atau hidupnya manusia purba
  1. kebudayaan
hasil budi daya manusia yang di ungkapkan secara sadar
  1. potensi alam
keadaan suatu wilayah
  1. komoditas
suatu objek atau nilai yang memiliki nilai
  1. multi etnis
percampuran kebudayaan yang satu dengan kebuddayaan lainnya

  1. militer
militer dapat diartkan sebagai angkatan bersenjata dari suatu Negara atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata perang
  1. perang
perang adalah konflik antara dua pihak yang besar seperti Negara organisasi dan kelompok sosial yang di karakteristikan dengan adanya pemakain senjata mematikan.
  1. Logistic
Adalah seni dan ilmu untuk mengatur dan mengontrol arus barang,energy,informasi dan sumber daya lainya,seperti produk jasa dan manusia dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal.
  1. primus intepares
pemilihan pemimpin melalui musyawara diantara sesamanya berdasarkan kelebihan yang dimiliki baik secara fisik maupun spiritual
  1. penduduk
sekumpulan orang yang mendiami suatu wilayah
  1. flora dan fauna
jenis tumbuhan dan hewan yang ada di suatu wilaya
  1. iklim
keadaan rata-rata dari cuaca di suatu daerah dalam periode tertentu
  1. cuaca
keadaan udara pada saat tertentu dan wilayah tertentu yang relative sempit pada jangka waktu yang singkat
  1. rezim
serangkaian peraturan ,baik formal dan informal yang mengatur pelaksanaan suatu pemerintahan.
  1. Pendidikan
Usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktip bisa mengembangkan potensi diri
  1. pertambangan
suatu penggalian di bumi untuk mendapatkan mineral atau hasil bumi
  1. olahraga
suatu kegiata untuk menjaga kesehatan
  1. politik adalah proses pembentukan kekuasaan dalam masyarakat

1 comment: